You are here
Home > Agenda > BELAJAR LEBIH MENYENANGKAN BERSAMA FLIP

BELAJAR LEBIH MENYENANGKAN BERSAMA FLIP

Pendidikan merupakan salah satu bentuk usaha dalam membina manusia agar memiliki kepribadian yang baik, berkarakter positif dan berbudi pekerti yang prosesnya berlangsung seumur hidup yang tingkat keberhasilannya dapat diukur dengan evaluasi dari berbagai aspek. Tingkat keberhasilan suatu pendidikan formal di sekolah salah satunya dapat ditentukan melalui evaluasi terhadap siswa sebagai objek pendidikan. Tingkat keberhasilan tersebut dapat dilihat dari keberhasilan belajar siswa yang ditandai oleh adanya perubahan dalam diri siswa. Perubahan tersebut dapat berupa bertambahnya pengetahuan, keterampilan, maupun perubahan sikap dan nilai serta perubahan–perubahan baik lainnya yang diharapkan ada dalam diri setiap individu. Salah satu alat evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah ujian akhir, yang terdiri dari ujian sekolah berbasis nasional komputer (USNBK) dan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Untuk mempersiapkan siswa menghadapi evaluasi tersebut, SMP Laboratorium UM menyelenggarakan kegiatan FUN LEARNING PROGRAM (FLIP) yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas IX. FUN LEARNING PROGRAM (FLIP) adalah program pembelajaran yang diberikan kepada siswa kelas IX disamping pembelajaran reguler. Pembelajaran tersebut meliputi 4 bidang studi yang diujikan dalam skala nasional untuk SMP/MTs/sederajat, yang terdiri dari Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Program ini diselenggarakan untuk memfasilitasi dan mempersiapkan siswa kelas IX dalam menghadapi penilaian akhir untuk kelulusan sekolah, baik ujian sekolah berbasis nasional komputer (USNBK) dan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

FUN LEARNING PROGRAM diangkat dengan konsep pembelajaran yang menyenangkan, mengingat kegiatan tersebut diadakan pada waktu siang hari yang rawan menyebabkan siswa mengantuk atau lelah. Konsep pembelajaran ini diharapkan dapat memunculkan keaktifan dan motivasi siswa dalam belajar, karena pembelajaran tidak hanya terpusat pada drill soal yang diberikan oleh guru tapi mencakup pengembangan diri siswa secara utuh melalui 3 aspek pengembangan yakni program pengembangan IQ, pengembangan SQ, dan pengembangan EQ. Program pengembangan IQ merupakan program pembelajaran di kelas melalui prinsip pemahaman konsep materi dan keterampilan menyelesaikan permasalahan yang dikemas oleh guru pengajar secara lebih interaktif dan menarik.

Sedangkan untuk program pengembangan SQ merupakan program pengembangan karakter spiritual siswa agar taat dalam menjalankan perintah agama melalui shalat ashar berjamaah di 10 menit terakhir waktu pembelajaran FLIP, dimana untuk imam dan kumandang adzan dilakukan langsung oleh siswa dengan bimbingan guru. Selain itu terdapat program pengembangan EQ yang terdiri dari motivasi dari ahli di bidangnya atau instansi tertentu yang berhubungan dengan dunia pendidikan, motivasi dari alumni yang telah sukses di luar sana, pemberian reward bagi siswa aktif dan berprestasi dalam kegiatan FLIP. Terdapat pula kegiatan kreatif seperti “games kebersamaan” untuk meningkat karakter sosial siswa dalam tanggungjawab, kerjasama, dan kepemimpinan.

Tim pengembang FLIP

FUN LEARNING PROGRAM dimulai pada awal semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yaitu bulan Juli, dengan tujuan memberikan guru pengampu matapelajaran waktu yang memadai dalam menyampaikan materi dan motivasi kepada siswa agar belajar dengan riang tanpa terbebani dengan persiapan yang mepet atau mendadak sehingga dapat meraih hasil yang cemerlang di ujian akhir seperti ujian sekolah dan UNBK pada tahun 2020. Diharapkan dengan hasil tersebut siswa dapat melanjutkan pendidikan menuju jenjang sekolah yang lebih tinggi sesuai dengan harapan dan kemampuannya. (by: Eka Ratna Anjanuarti Latifah, S.Pd., Gr.)

Similar Articles

Tinggalkan Balasan

Top