You are here
Home > Agenda > PEMILIHAN PENGURUS OSIS MASA BAKTI 2019-2020

PEMILIHAN PENGURUS OSIS MASA BAKTI 2019-2020

SMP Laboratorium UM merupakan salah satu Sekolah Swasta di Kota Malang. Sekolah SMP Laboratorium UM mempunyai salahsatu organisasi siswa yaitu OSIS. OSIS merupakan kependekan dari organisasi siswa intra sekolah. Organisasi ini menjadi wadah berkumpulnya para siswa untuk mencapai tujuan tertentu. Organisasi ini terdiri dari susunan kepanitiaan yang terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan seksi-seksi lainnya. Setiap jabatan didalam OSIS memiliki tugas masing-masing. Kepengurusan OSIS memiliki masa kerja yang terbatas yaitu selama satu tahun dan akan diperbaharuhi lagi.
Ibu Kepala Sekolah membuka acara debat terbuka calon ketua OSIS periode 2019-2021
Sekolah merupakan tempat siswa belajar segala sesuatu termasuk belajar demokrasi. Mempelajari demokrasi tidak hanya teori demokrasi, tetapi dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Membudayakan nilai-nilai demokrasi di sekolah membutuhkan prinsip kebebasan berpendapat, kesamaan hak dan kewajiban, tumbuhnya semangat persaudaraan antara siswa dan guru. Budaya demokrasi dapat dilaksanakan dalam berbagai kegiatan di sekolah SMP Laboratorium UM.
Salah satu calon ketua OSIS menyampaikan Visi-Misi

Penerapan demokrasi di sekolah SMP Laboratorium UM salahsatunya adanya pemilihan pengurus OSIS dan Ketua OSIS masa bakti 2019-2020. Adapun kegiatan diawali dengan pendaftaran OSIS pada tanggal 5-7 Agustus 2019 dengan siswa yang diperbolehkan mendaftar adalah kelas 7 dan 8 saja. Setelah pendaftaran tahap berikutnya adalah seleksi administrasi oleh tim kesiswaan. Bagi yang lolos seleksi administrasi diadakan tes wawancara yang diadakan tanggal 8-9 Agustus 2019.

Moderator memandu jalannya debat

Dari hasil tes wawancara diumumkan siswa siswi yang telah terpilih menjadi anggota pengurus OSIS. Pengurus OSIS yang terpilih akan diambil 6 siswa yang layak untuk menjadi kandidat Caketos. Masing-masing kandidat Caketos diminta untuk tanya jawab dengan tim kesiswaan yang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2019 secara bergiliran. Setelah tes wawancara kita sebagai tim kesiswaan memilih kandidat Caketos yang benar-benar layak sebagai kandidat sebanyak 4 orang.

Penelis sedang memberikan pertanyaan kepada kandidat ketua OSIS

keempat kandidat  akan menyampaikan visi dan misinya sebanyak 3 kali yaitu yang pertama di depan anggota OSIS masa bakti 2019-2020 pada tanggal 16 Agustus 2019, yang kedua di depan guru dan karyawan pada tanggal 26 Agustus 2019 dan yang terakhir di arena arsimbo di depan semua warga SMP Laboratorium UM yaitu pada tanggal 2 September 2019. Setelah penyampaikan visi dan misi oleh 4 Caketos keesokan harinya pada tanggal 3 September 2019 diadakan pemilihan Caketos yang hasilnya diumumkan pada hari itu juga pukul 14.00 WIB. (Yudha Intan)

           

Similar Articles

Tinggalkan Balasan

Top