You are here
Home > Agenda > “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 Dan Bela Negara”

“Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 Dan Bela Negara”

Sambutan pembina upacara virtual yang disampaikan oleh Kepala SMP Laboratorium UM dalam rangka memperingati hari PRAMUKA ke-59.

Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamualaikum wr. wb.

Salam Pramuka

Yang saya hormat Kakak kakak pembina  pramuka serta yang saya sayangi dan banggakan adik adik pramuka SMP Lab UM. Pertama-tama marilah kita  ucapkan Alhamdulillah, rasa syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan kenikmatan yang luar biasa kepada kita semua, nikmat iman, selamat, sehat, memiliki orangtua yang mencintai kita, memiliki guru yang siaga mendidik kita dan memiliki teman yang baik menyenangkan. Tidak lupa shalawat dan salam semoga terlimpahkan pada  Nabi Muhamad SAW, keluarganya, para sahabatnya dan kepada kita semua.

Selamat Hari Pramuka yang ke 59, kita jaga semangat Gerakan Pramuka agar terus membara, produktif, inovatif dan kreatif dalam berkarya.Untuk tahun ini, tema Hari Pramuka Adalah “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 Dan Bela Negara”.  Hal ini merupakan perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa indonesia, bahkan di seluruh dunia juga mengalaminya.

Ayo Pramukaku, Pramuka SMP Lab UM yang kakak banggakan.

Dengan semangat hari pramuka ke 59, mari kita ambil bagian dalam upaya penanggulangan Covid 19, kita putus mata rantai penyebarannya. Bagaimana caranya? Kita awali dari hal-hal kecil dari diri kita sendiri, misalnya selalu menjaga kebersihan tubuh, rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker bila berpergian ke luar rumah, dan menjaga jarak di keramaian. Intinya patuhi protokol kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

Pramuka SMP Lab UM adalah pramuka yang produktif, inovatif dan kreatif, siap menjadi generasi muda yang adaptif dan peka jiwa sosialnya, senantiasa aktif dalam kegiatan dan menjadi pelopor generasi muda sebaya. Dalam situasi kondisi seperti sekarang ini mari kita tunjukkan 3 hal tersebut. Bagaimana caranya? Berkreasilah membuat masker, bisa untuk diri sendiri dan keluarga, atau untuk dibagikan bagi yang membutuhkan, buatlah handsanitizer yang telah diajarkan bapak ibu guru, bagikan ke teman sebaya di lingkunganmu yang tak mampu membelinya. Bersama bunda bisa menyiapkan bantuan makanan gratis kepada keluarga sekitar yang tak mampu dan semakin tak berdaya terkena dampak ekonomi covid 19 ini.  Masih banyak aksi positif yang bisa dilakukan.

Bagaimana bentuk bela negara yang bisa dilakukan oleh Pramuka SMP Lab UM. Arti bela negara bukan harus berperang melawan musuh, bukan harus angkat senjata, namun kepatuhan terhadap pemerintah dalam hal membantu penanggulangan penyebaran covid 19 adalah wujud konkrit kecintaan dan pembelaan terhadap negara kesatuan Republik Indonesia ini.

Terakhir Saya ingin berpesan kepada segenap anggota Gerakan Pramuka SMP Lab UM. Teruslah berkreasi, berkarya dalam wadah Gerakan Pramuka. Isilah waktu muda kalian dengan kegiatan yang positif dan produktif. Saya yakin generasi mudah Indonesia dari SMP Lab UM adalah generasi yang unggul, generasi yang hebat, generasi yang kreatif, generasi yang peka terhadap perubahan dan mampu menyikapinya dengan positif thinking. Ingatlah selalu hymne Pramuka, bahwa Pramuka Indonesia adalah manusia Pancasila. Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan agar jaya Indonesia. Jadilah Patriot bangsa yang tetap kokoh menghayati dan mengamalkan Pancasila, menjaga Bhinneka Tunggal Ika demi kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila adalah dasar kita bernegara. Pancasila adalah pemersatu Bangsa. Pancasila adalah rumah kita bersama.

Salam Pramuka. Terimakasih.
Wassalamualaikum wr wb.

Dra.Yayuk Prihatnawati, M.Pd


Similar Articles

Tinggalkan Balasan

Top