You are here
Home > Informasi > Upacara Hari Pahlawan

Upacara Hari Pahlawan

Upacara Hari Pahlawan 10 November 2019

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم 

Yth. Bapak/Ibu guru dan Karyawan, anak-anak yang ibu sayangi

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Pertam-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan kepada kita kenikamatan di pagi ini, nikmat selamat, nikmat sehat, nikmat kita bisa melihat bapak ibu di rumah, bpk ibu guru di sekolah, teman teman kita yang semuanya tersenyum gembira. Syukur Alhamdulillah kita bisa bernafas menghirup udara pagi yang sejuk dengan leluasa dan gratis tidak membayar. Semoga kita senantiasa bisa merasakan kenikmatan ini tiada henti kapan dan dimana saja. Aamiin.  Salam dan shalawat kita haturkan untuk Nabi besar Muhamad SAW dan para pengikut-pengikutnya.

Pagi ini kita melakukan upacara dalam rangka memperingatan Hari Pahlawan 2019. Hari pahlawan 10 november didasari pertempuran yang terjadi di Surabaya. Pertempuran Antara rakyat Indonesia dengan pasukan Inggris. Pertempuran Surabaya itu terjadi usai kemerdekaan, yakni 10 nov 1945. Pertempuran ini juga menjadi yang tersulit dan terbesar. Pertempuran selama 3 minggu, kala itu, pasukan Inggris ingin Indonesia menyerah dan menjadi Negara jajahan Hindia Belanda. Tentu saja para pemuda pemuda saat itu menolaknya dan berjuang, mempertahankan kemerdekaan yang telah diproiklamasikan tanggal 17 Agustus 1945. Mereka berjuang sampai titik darah penghabisan.

Tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 adalah “Aku Pahlawan Masa Kini”. Dengan tema itu diharapkan setiap insan masyarakat Indonesia memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk berjuang membangun negeri sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun, yang kesemuanya untuk memperkuat keutuhan NKRI Seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban, tidak menyebarkan berita hoaks, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya. Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa, sekarang untuk menjadi pahlawan bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata, tetapi kita juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan. Siswa siswi SMP Lab UM bisa menjadi pahlawan Masa Kini, dengan berprestasi, dengan mengalahkan ego emosi masing-masing, menyingkirkan energi negatif dari diri menggantinya dengan energi positif, menumbukan positive thingking .

Peringatan hari pahlawan dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.. Selamat hari pahlawan 2019, semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada bangsa indonedia agar dapat menjaga keutuhan NKRI. Jadilah Pahlawan Masa Kini.

SMP LAB UM, JAYA JAYA JAYA LUAR BIASA

SISWA SISWA SMP LAB UM SIAP MENJADI PAHLAWAN MASA KINI.

Penyerahan Piagam Juara 3 Pencak Silat Kategori Tanding Putri O2SN

Similar Articles

Tinggalkan Balasan

Top