You are here
Home > Agenda > Membaca dan Menghafal bersama

Membaca dan Menghafal bersama

  Jurnal Supervisi

Tanggal Supervisi     : 5 Agustus 2019

Kompetensi Dasar     :

3.3 Memahami makna Q.S. Al-Maidah (5): 90–91 dan32 serta Hadis terkait

4.3.1 Membaca Q.S.Al-Maidah ayat 90-91 dan 32 serta hadis terkait dengan tartil

Kegiatan Pembelajaran :

siswa membaca bersama kelompok

Sebelum memulai pelajaran diawali dengan memeriksa kehadiran peserta didik kemudian dilanjutkan dengan review materi pertemuan sebelumnya yakni materi Kitab-kitab Allah dengan cara menyebutkan kitab-kitab yang diturunkan beserta penerimanya yang telah dipelajari peserta didik pada pertemuan sebelumnya.

Untuk mengawali materi tentang Menghindari minuman keras, Judi dan pertengkaran peserta didik diperintahkan untuk mengamati bacaan dari Imam Masjidil Haram melalui media audio dan LCD, kemudian peserta didik membaca dan mengulang secara bersama-sama surah Al-Maidah 90-91 dan 32, setelahnya guru memberikan penjelasan tentang makna potongan-potongan ayat dan hukum bacaan qalqalah yang terdapat dalam ayat tersebut.

mencoba menghafal dengan metode terbaru

Guna memberikan pemahaman kepada peserta didik guru memberikan tugas berbentuk game “Maching Card” secara kelompok, Guru membagikan secara acak kartu yang telah dipersiapkan yang berisi potongan-potongan ayat Q.S. Al-Maidah ayat 90-91 dan 32. Dengan aba-aba guru, peserta didik diminta untuk mencari pasangan potongan-potongan kertas yang berisi potongan-potongan ayat Q.S. Al-Maidah ayat 90-91 dan 32 yang tersebar di antara mereka. Peserta didik diminta melafadzkan potongan ayat / hadits secara berurutan sehingga terbaca satu ayat / hadits yang utuh. Sebagai pemahaman kepada hukum bacaan qalqalah, peserta didik diminta mencari potongan ayat yang mengandung hukum bacaan qalqalah di juz 1 dan 2. Secara berkelompok peserta didik diminta melafadzkan potongan ayat / hadits secara berurutan sehingga terbaca satu ayat / hadits yang utuh dan mempresentasikan temuan tentang hukum bacaan qalqalah.

Tujuan akhir dari pembelajaran adalah diharapkan peserta didik dapat membaca Q.S.Al-Maidah ayat 90-91 dan 32 terkait dengan benar dan tartil juga dapat mengidentifikasi hukum bacaan qolqolah dalam Q.S. Al-Maidah ayat 90-91 dan 32.

ichasayang
Sebaik-baiknya orang yg bisa memaafkan kesalahan orang lain

Similar Articles

Tinggalkan Balasan

Top