Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /home/u2476827/public_html/smplab-um.sch.id/wp-content/themes/accesspress-mag-pro/inc/accesspress-google-fonts.php on line 43
You are here
Home > Informasi > MEWUJUDKAN KELAS IMPIAN

MEWUJUDKAN KELAS IMPIAN

Oleh: Maria Ulfa, S.Pd., Gr

Calon guru penggerrak kota Malang angkatan 4

Kelas impian merupakan program permberdayaan yang bertujuan untuk mengenali potensi dari setiap siswa. Menjadi pribadi yang mampu bermimpi sejak dini. Program ini bertujuan untuk dapat menyusun mimpi dari jangka pendek hingga jangka Panjang. Program ini dapat diwujudkan dengan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman.  Aksi nyata yang dibutuhkan adalah kelas impian yang diinginkan oleh siswa, menumbuhkan sikap Kerjasama dalam mencapai tujuan dan menumbuhkan motivasi kepada siswa untuk lebih peduli terhadap sesama teman .  https://youtu.be/UawgUN1IVmk

sosialisasi kelas impian

Kelas impian adalah bentuk ekspresi para siswa terhadap lingkungan belajar yang mereka inginkan, Tema Kelas impian dapat berupa sebuah karakter kartun maupun film . Dalam setiap kelas wajib menyediakan pojok baca agar para siswa dapat membaca dan menumbuhkan sikap rajin membaca. Untuk mewujudkan kelas yang nyaman dibutuhkan kelas yang bersih sehingga perlu untuk menjaga kebersihan kelas yang teratur yang dapat dilakukan dengan piket kelas setiap dengan peralatan yang memadai, hal ini juga sekaligus mewujudkan sikap  Kerjasama antar siswa untuk mencapai satu tujuan yaitu kelas yang nyaman untuk pembelajaran. Setiap kelas juga dapat memajang karya dari para siswa untuk meningkatkan sikap apresiasi terhadap siswa lain.

diskusi mewujudkan kelas impian

Yang menarik disini adalah anak membuat kesepakatan kelas, siswa akan berdiskusi untuk merumuskan apa yang akan mereka sepakati dengan kelas mereka. Berbeda dengan tata tertib yang cenderung mengikat kesepakatan kelas dibuat dengan harapan untuk menumbuhkan kesadaran siswa untuk menjalankan apa yang sudah mereka sepakati. Dengan demikian siswa tidak merasa terikat dengan peraturan melainkan membuat peraturan yang disepakati untuk kelas mereka sendiri.

bekerjasama mewujudkan kelas impian

Kegiatan dimulai dengan walikelas memberikan sosialisasi kepada kelas untuk menentukan tema kelas. Siswa diberikan kesempatan untuk melakukan diskusi, lalu wali kelas menampung ide-ide dari siswa kemudian memberikan masukan dan saran terhadap ide yang disampaikan . di tahap akhir  wali kelas dapat menyimpulkan hasil diskusi kemudian siswa dapat merangcang kelas impian dari hasil diskusi dan mewujudkannya.

kesepakatan kelas
pameran karya kelas

https://youtu.be/eE3I7NgWmKE

Similar Articles

Tinggalkan Balasan

Top