You are here
Home > Agenda > Kegiatan Manasik Haji SMP Laboratorium UM

Kegiatan Manasik Haji SMP Laboratorium UM

Kegiatan Manasik Haji SMP Laboratorium UM

Senin tanggal 20 Agustus 2018 semua siswa
SMP Lab UM aktif mengikuti kegiatan manasik haji. Kegiatan dilaksanakan di halaman sekolah dan lingkungan UM.

Dra. Yayuk Prihatnawati, M.Pd selaku Kepala SMP Laboratorium UM menyampaikan bahwa kegiatan manasik haji merupakan agenda rutin kegiatan sekolah. Artinya dilaksanakan setiap tahun menjelang Hari Raya Idhul Adha satu rangkaian dengan penyembelihan hewan qurban. Kegiatan manasik haji di sekolah ini didesain sedemikian rupa hingga bisa memberikan pengalaman dan gambaran nyata ke siswa termasuk rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah. Kegiatan ini merupakan salah satu bukti bahwa Sekolah Laboratorium UM senantiasa memberikan pendidikan yang nyata, bukan hanya secara teori di kelas, namun lebih banyak ke praktik dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Sementara itu M. Hasyim As’ari, M.Pdi ketua pelaksana kegiatan manasik haji menambahkan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan manasik haji agar siswa bisa belajar bagaimana melaksanakan rukun islam yang kelima yaitu haji. Dan dalam pelaksanaan manasik haji anak, meskipun tidak semua rukun dijalankan tetapi berusaha semirip mungkin dengan kondisi sesungguhnya saat ibadah haji terutama dari pakaian.

“Harapannya dari kegiatan ini akan memunculkan awal yang baik bagi anak agar termotivasi lebih dalam untuk dapat melakukan manasik haji secara keseluruhan dengan urutan yang benar, dan ending-nya bisa melakukan ibadah haji yang sebenarnya,” tutupnya. (Icha)

ichasayang
Sebaik-baiknya orang yg bisa memaafkan kesalahan orang lain

Similar Articles

One thought on “Kegiatan Manasik Haji SMP Laboratorium UM

Tinggalkan Balasan

Top